Mengenai Aku

Foto saya
Saya, Hamdi Siswa SMA kelas 2

Sabtu, 20 Juli 2019

NASKAH TEATER!!! Mistery Seseorang di dalam hutan di desa Pochinki



PENGABDI KETAN
DRAMA : HOROR MYSTERY

NAMA TOKOH :

1. PAK DUKUN (pemarah)                                          
2. PREMAN (kasar,bengis,pemarah,penakut)
3. LALA (penakut)
4. UCOK (keras kepala,pelawan)
5. BUK  PENJUAL  KETAN (mudah marah)
6. ANAK PENJUAL KETAN(jahil)
7. ALAN(baik)
8. PAK JUL (sebagai pembunuh ibu ketan)
9. Bang Mul

            Pada suatu hari di desa pochinki, sebuah desa urbanisasi tempat semua suku yang berbeda, hidup dengan damai. Di suatu sore ada seorang anak yang bernama Ucok. Ucok saat itu pergi memancing ikan di empang yang berada dihutan, jauh dari rumahnya. Ia selalu membawa tas untuk membawa minum, ataupun pakaian. Ia tidak tau kalau ia sedang diikuti oleh temannya sedari tadi.

Adegan 1 :

Ucok      : (Menunggu pancingan sambil bernyanyi)
Lala        : Eh ucok! Kamu ngapain sih kesini sendirian? Jomblo yaa (dengan nada menggoda)
Ucok      : Apa nyah kau ini. Suka - suka aku lah mau sendirian kek, mau berduan kek. Sibuk pula kau kulihat! (dengan nada kesal)
Lala        : Hehe Iya - iya, jangan marah dong, ntar nambah jelek loh. Oh iya, kamu ngapain sih disini dari tadi?
Ucok       : Lagi nunggu ayam jantan betelur. Ya lagi mancing lah. Nggak bisanyah kau lihat ini apa? (Sambil menyodorkan pancing miliknya)
Lala       : Kau mancing apa disini? Astaga ucok. Kau mancing apa? Kolam ini isinya anak katak semua loh.
Ucok        : Ya dibawah anak katak itu ada ikannya.
Ketika itu, datang Alan yang berperawakan bak anak polos dan beriman.
Alan       : Astaghfirullahaladzim kalian ini. Tau nggak kalau kalian berduaan disini yang ketiga itu setannya
Lala         : Lah? Kalau gitu berarti setannya kau dong?
Alan     : Taubatlah kalian, bentar lagi kiamat loh. Nggak takut kalian sama adzab tuhan yang sungguh pedih?
Ucok      : Mana adzab? Nggak takut aku sama adzab (kemudian ada suara petir). Waduh seram juga bah.
Lala        : Makanya, janganlah kau main-main sama adzab pula.

Kemudian dari arah berlawanan datanglah Ibu-ibu penjual ketan yang menghampiri mereka

Ibu ketan : Dek, ketannya dibeli dong dek. Masih pada anget loh dek, baru ibu kukus.
Ucok       : Buk, gaada uang kami buat beli do buk. Lagian ketan ibu ini gak ada bagus-bagusnya lagi. Baik ibu pergilah jauh-jauh dari sini.
Ibu ketan : Apa kau cakap? Ulang sekali lagi, emang gaada sopan-sopanmu sama orang tua ya. Ini aku jualan turun-temurun tau kau? Enak-enak mulutmu itu bilang ketan pulutku ga bagus lagi.
Alan         :  Maaf buk. Teman kami mulutnya emang ga bisa dijaga.
Ibu ketan : Minggir kau! (sambil mendorong muka alan kesamping) Biar kuhapal dulu tampang anak ini. Masalah kita belum selesai sampai disini. (langsung pergi dengan muka marah sambil mengomat-kamitkan mulutnya dengan seribu kutukan).
Ucok      : Bah, apanyah ibuk itu. Marah-marah aja muncungnya itu. Cuma bilang sikit itu ajanyah aku.
Lala     : Kau pun juga salah, kalau kau ga mau beli bilang aja baik baik, jangan kau caci dagangannya.
Alan        :  Betul tuh. Dia cari rezeki buat kebutuhannya. Jangan... (langsung dipotong Ucok)
Ucok       :Diamlah kalian. Lari semua lah ikannya kalau gini. Kalian berdua sebenarnya mau ngapain kesini?
Lala        : Aku gara-gara lihat kau cok. Kepo aku, ya aku ikutin lah.
Ucok      : Ha tu, kau karna apa lek? (Menunjuk Alan dengan dagunya)
Alan       : Kalau aku karena lihat kalian berdua ke hutan ni. ya aku ikuti lah. Aneh-aneh pula nanti kalian disini.
Ucok      : Udah-udah. Sakit kepalaku yang paten ini dengar kalian. Ayoklah pulang, udah kabur ikannya gara kalian, lagian udah maghrib ini.
Mereka bertiga pun menyusuri hutan. Matahari pun sudah waktunya menerangi belahan bumi yang lain. Mereka melewati semak-semak untuk keluar dari hutan. Ditengah perjalanan, mereka tiba-tiba dicegat oleh seorang preman yang lewat disana.

Adegan 2:

Preman              : Woi! Ngapain kalian sini? (dengan nada sedikit membentak).
Alan                  :  Kami cuman mau pulang aja kok bang.
Preman             : Eh kalian emang nggak tau ya?
Ucok                : Enggak bang ?
Preman            : Ha sini kalian dulu, biar kukasih tau kalian (Merekapun mendekat). Kalau mau lewat sini bayar dulu.
Ucok      : Kau kira takut aku samamu bang? Kubunuh mati kau bang
Preman                : (meninju pipi Ucok) Masih berani kau? Biar kugesek sekali lagi tinjuku ini ke pipi gemukmu itu
Ucok      : Enggak bang, sakit nih bang. Nggak tau sakitnyah kau bang? (tiba tiba bagak nya hilang seketika)
Lala        : Iya bang ampun. (sambil memisahkan Ucok dari si preman) Tapi kami nggak ada duit bang.
Preman : (langsung memeriksa kantung mereka) Ah, bohong-bohong pulak kalian samaku ya. Ini apa? Banyak nyah duit kalian.
Alan       : Bang, jangan bang. itu uang mamak ku. Kena marahin nanti aku sama mamak ku. Bang, balikin dong bang.
Preman                : Apa? Berani kalian? (sambil mengancam) Ha, lumayan juga lah ini ya, bisa juga aku beli tiket haji kalau gini terus tiap hari. Dah lah, pergi abang dulu ya dek, mau cari rezeki lagi abang. Baek baek kalian disini ya (langsung meninggalkan mereka bertiga).

Setelah pergi, preman tersebut pun menyusuri hutan tersebut. Namun, ntah kenapa dia selalu bertemu dengan mereka bertiga lagi
Preman                : Woi! Ngapain kalian ngekorin aku terus?
Ucok      : Ha, nanya pula kau sama kami bang. Kau yang dari tadi mutar-mutar disini.
Preman                : Serius - serius aja lah kau! (kembali menyusuri hutan dan akhirnya bertemu mereka lagi) Alamak, matilah. Tersesat pulalah aku disini bah.
Alan       : Ya, namanya juga udah malam bang. Dihutan ni wajar aja kita tersesat bang. Hutan ni luas, gini aja deh bang, kita sama - sama aja jalannya. Kita kan sama – sama mau keluar dari sini.
Preman                : Ya udah, atur kalian aja. Sempat tersesat lagi aku, habis kalian.
Lala        : Iya bang, iya. Cepat ajalah, udah gelap kali ini bang.
Preman                : Iya cantik, sini sama abang.
Lala        : Ogah, jijik aku lihat muka bang. Masih lebih ganteng beruk disini daripada muka abang (masang muka jijik)
Preman                : Alah dek, jangan gitu lah.
Alan       : Udahlah bang, ga keluar – keluar kita dari sini. Nanti, kalau udah keluar dari hutan ini, aku bantu abang dekat sama si Lala.
Ucok      : Iya, betul tu. Kalau nggak salah, tulang ku pernah bilang kalau disini ada hantunya. Hantunya itu kalau nggak salah ibu - ibu jual ... (pembicaraan langsung dipotong alan)
Alan       : Udahlah, nggak ada yang namanya hantu. Ayoklah, pikirin aja cara kita keluar. Soalnya, banyak hewan buas yang aktif kalau udah malam.

Adegan 3

Mereka berempat pun melanjutkan perjalanan. Namun, sama seperti tadi, mereka seperti diarahkan untuk berputar – putar ditempat yang sama.
Preman                : Dek yang benar lah. Ga rela aku mati disini sama kalian.
Ucok      : Alah bang. Baru tersesat, udah kaya gini aja kau bang. Macam mana pulak kau mau jadi preman terkuat di bumi?
Preman                : Santai lah mulut jelekmu itu. Dari tadi kau kulihat ya.
Alan       : Udahlah woi. Kita ini lagi tersesat. Ucok, kau kan udah sering kesini, kok ga bisa kau cari jalan keluarnya?
Ucok      : Kalau masih sore, bisa aku keluar dari sini. Ini udah malam, ga biasa aku keluar malam – malam.
Lala        : Udah lah, pohon dihutan ini sama semua, jalannya pun bersimpang – simpang. Wajar aja kita tersesat kaya gini.
Kemudian, mereka pun melanjutkan perjalanan. Tak lama kemudian, datanglah seorang dukun yang sedang berjalan dihutan. Entah, apa tujuannya.
Alan       : Woy! Siapa tuu ? (Menunjuk sambil ketakutan)
Pak dukun : Kalian ngapain disini? Di hutan ini, banyak makhluk halusnya.
Ucok      : Bapak siapa? Kalau emang iya banyak hantunya, ngapain lah bapak disini?
Pak dukun : Aku, dukun paling hebat dikampung ini, semua masalah yang berkaitan dengan dunia lain bisa kuatasi. Aku disini lagi cari peliharaan baru.
Lala        : Tunggu, bapak bilang, bapak ahlinya semua perkara yang berkaitan dengan dunia lain kan?
Pak dukun : Iya, kenapa emang?
Lala        : Kami tersesat pak. Tolong kami cari jalan keluar dari hutan ini, Dari tadi kami mutar – mutar, tapi selalu balik kesini lagi.
Pak dukun : Itu bisa diatur. Asalkan ada duit, saya akan bantu.
Mereka berempat pun berembuk tentang hal tersebut.

Adegan 4 :

Alan       : Eh, gausahlah. Ini namanya musyrik, kena adzab nanti kita.
Ucok      : Alah, banyak pulak bacot kau. Daripada kita mati disini, bagus kita percaya sama dukun itu.
Lala        : Tapi, uangnya kita dapat darimana? Kan...
(Mereka bertiga serentak melihat kearah preman. Karena ingat bahwa semua uang mereka diambil olehnya)
Preman                : Ha? ngapa kalian liat - liat ?
Ucok      : Alah bang, kasih lah duit itu. Biar keluar kita dari sini, udah rindu aku sama mamakku.
Preman                : Gaada. Capek aku ambil dari kalian, Enak - enak kalian aja.
Lala        :  Bang, kasih ajalah, emang abang mau kita ga keluar - keluar dari sini?
Preman                : Karna adek cantik ini yang minta, jadi luluh abang. Yaudah
Lala        : Yaudah apa?
Preman                : Yaudah ini, (merogoh kantong dan memberikan uangnya) Jangan lah galak – galak gitu dek.
Alan       : Jangan la, musyrik loh.
Lala        : Alan diam aja deh! Tinggal aja disini kalau ga mau.
Mereka pun akhirnya sepakat untuk memakai jasa si dukun. Namun, berbeda dengan yang lain, Alan tidak setuju. Karena menganggap itu dosa besar.
 Lala       : Pak, kami cuma punya uang segini. Jadi tolong ya pak, kami mau pulang.
Pak dukun : Oke, saya anggap ini uang muka nya. Sisanya nanti saya minta lagi ya.
Preman                : Iya, jangan banyak omong. Udah mau tengah malam ini.
Pak dukun pun melakukan ritual. Namun, tiba - tiba ada suara teriakan. Mereka semua terkejut termasuk pak dukun.
Lala        : Aaaaa! (teriak) Itu suara apa? (Hampir menangis)
Pak dukun : Tenang semuanya. Kalau ada saya, tidak ada yang bisa mengganggu kalian (lalu melakukan ritual untuk mengusir makhluk halus tersebut.)
Namun ada suara teriakan yang lebih keras.
Ucok      : Amang, Inang, tolong ucok. (berteriak ketakutan)
Pak dukun : Tenang. Semuanya nggak usah takut (kembali melakukan sesuatu)
    Namun kembali ada suara teriakan disertai suara derap langkah orang yang berjalan melintasi daunan yang kering.
Pak dukun : Aaaa! (terkejut dan berteriak keras) Ngapain kalian masih disini? ayo kabur!
Kemudian mereka bersembunyi dibalik semak sambil ketakutan. Kemudian ada anak kecil yang berkeliling
Lala        : Apa itu? aku mau pulang (sambil menangis ketakutan)
Preman                : Udah, tenang kau dek. Biar abang yang hadapin hantu tadi, nggak takut abang.
Kemudian alan sengaja memukulkan sendalnya ke lantai dan membuat bunyi yang lumayan keras dan membuat preman tersebut berteriak seperti perempuan.
Alan       : Gitu aja abang udah takut. Udah, lagian sekarang gak ada yang namanya hantu - hantuan
Ucok      : Jadi yang tadi kalau bukan hantu, apa?
Alan       : Setan, mungkin
Kemudian ada suara seorang anak kecil yang menghampiri mereka.
Anak      : Kakak!
Lala        : (teriak) suara apa itu....
Mereka pun dihampiri oleh anak berbaju  putih dan berwajah aneh. Pak dukun menyemburkan air kearah anak tersebut. Namun anak itu tidak kabur. Pak dukun itupun langsung kabur bersama preman dan Ucok. Lala dan Alan tetap terpaku disana. Alan terus berdzikir sehingga anak tersebut berhenti menghampirinya.
Lala        : Bagus Alan, terusin! Itu setannya udah mau pergi.
Anak      : Ih, kakak ngompol. (menunjuk alan)
Lala        : (melihat air yang dibawah) Ih Alan jorok banget
Anak      : Kak, tolongin aku dong.
Mereka berdua langsung lari meninggalkan anak tersebut karena terlalu takut.

Adegan 5

Anak      : Kok pada lari sih? Mana aku dibilangin hantu lagi. Emang ya, orang desa ini punya otak cuma setengah. Jadi ini gimana dong? Aku mau minta tolong nyari ibu, malah pada kabur semua.
Kemudian anak itu pergi dari sana. Mereka yang berlari kembali lagi ditempat yang sama. Mereka semua memutuskan berhenti sambil beristirahat sejenak.
Preman                : Bang! Kau kenapa lari? katanya kau orang sakti?
Alan       : Kan udah aku bilang, jangan percaya sama dukun kayak beginian. Musyrik tau.
Pak dukun : Aku tadi lupa mantra.
Ucok      : Masih juga banyak alasan.
Pak dukun : (merogoh saku dan mengeluarkan boneka) Kalian tau ini apa? Mau kalian aku santet?
Preman                : Yaudah, jadi gimana?
Pak dukun : Kalian semua tenang saja, biar saya yang mengurus semua.
Ucok      : Jangan gagal kaya tadi. Keluarkan semua vocabulary mantramu pak.
Pak         : Udah, kalian diam (pak dukun melakukan ritual)
Ketika mekukan ritual, datanglah anak kecil yang tadi dari belakang. Semuanya pun berteriak, Ketika mereka hendak lari, datanglah seorang ibu dari arah yang lain. Mereka pun berteriak ketakutan. Namun, ternyata itu adalah ibu penjual ketan yang mereka temui tadi sore
Ibu ketan : (menampar orang yang berada paling dekat dengan dengan dia) Woi! Jangan teriak –teriak, ngilu telingaku ini.
Ucok      : Mak, tolong mak.
Ibu ketan : (menampar bibir ucok) mamak? kau kira aku mamakmu?
Pak dukun : Tolong kami, ada setan buk.
Ibu ketan : Mana setannya? Biar kubacok dia.
Lala        : Itu buk (menunjuk seorang anak – anak)
Ibu ketan : (sambil melihat dengan seksama) Oh, kamu disini ya? dari tadi mama cari nggak jumpa – jumpa, ternyata masih disini. Ayo, sekarang pulang! (sambil menjewer telinga anaknya)
Alan       : Loh, ini anak ibu?
Ibu ketan : Iya, ini anak saya
Lala        : Oh, kami kirain ...
Ibu ketan : Kirain apa?
     Entah kenapa bapak dukun terkesima dengan ibu ketan.
Pak dukun : Maaf, tadi nggak tau kalau ini anak nya.
Ibu ketan : Oh
Pak dukun : Jangan ketus – ketus gitu dong. Tau nggak apa bedanya garuda sama kamu?
Ibu ketan : Hmm?
Pak dukun : Kalau garuda di dadaku kalau kamu, aduh jadi malu
Ibu ketan : Aku apa?
Pak dukun : Dihatiku
     (yang lainnya terlihat heran)
Ibu ketan : Apaan sih? Ayo nak pulang kerumah.
                Ibu ketan pun pergi bersama anaknya masuk kedalam kegelapan hutan. Tanpa diketahui siapapun, pak dukun yang merasa terkesima dengan Ibu ketan menguntit Ibu dan anak tersebut
Ucok      : Kirain apa, rupanya Cuma anak kecil bah. Tapi sekarang gimana nih? Kita lupa nanya jalan keluar sama ibu tadi.
Preman                : Aku udah capek kali ini, kalian kalau mau lanjut keliling hutan silahkan. Aku mau tidur disini nunggu pagi.
Alan       : Aku setuju
Ucok      : Yaudah
Lala        : Nggak, aku gamau tidur. Nanti kalian apa - apain aku. Aku begadang aja nungguin kalian tidur
    Mereka semua pun tertidur pulas, begitupun Lala, mungkin kelelahan. Ketika waktu subuh hampir tiba, melintaslah 2 orang. Orang tersebut lantas membangunkan mereka.

Adegan 6

Bang Mul : Cok bangun oi! Ngapain kalian tidur disini.
Ucok      : (mengerang dan bangun) Bang mul! kami tersesat dihutan ini. Woi bangun kalian! Mau pulang nggak? (membangunkan mereka semua)
Pak Jul  : Wajar sih. Hutan ini kalau udah malam, semua pohonnya tampak sama. saya yang tiap hari pulang pergi lewat hutan ini, ga berani lewat malam disini. teliti lagi barang – barang ada yang tinggal nggak? Saya pulang sebentar, mau mengambil beberapa alat untuk membersihkan jalan masuk hutan ini. Sudah sangat semak, saya tidak mau ada kejadian yang sama seperti ini lagi.
Alan       : Jadi sebentar lagi kita sudah bisa pulang kan? Alhamdulillahirabbil alamin. Akhirnya kita bisa pulang juga.
Mereka semua pun duduk dan berbincang kecil sembari menunggu.
Ucok      : Bang! Pak jul ini, istri dan anaknya baru meninggal kan?
Bang Mul : Iya, dulu keluarga pak jul adalah satu - satunya keluarga yang tinggal hutan ini.
Lala        : Jadi? Sekarang pak jul tinggal sendirian dong bang? (Bang mul mengangguk)
Alan       : kasihan yaa pak juul...
Bang Mul : Anaknya kalau nggak salah sih, mati kena santet sama dukun daerah sini. Sedangkan istrinya dibunuh.
Preman                : Jadi? Selain pak Jul, nggak ada yang tinggal di hutan ini ya?
Bang Mul : Nggak ada lagi. Cuma dia sendiri.
Ucok      : Jadi, Ibu penjual ketan sama anaknya yang kita lihat masuk kedalam hutan ini tinggalnya dimana dong?
Bang Mul : Bentar, Ibu penjual ketan sama anaknya? Istri pak jul itu jualan ketan loh dan kaya yang sudah saya bilang, mereka sudah meninggal. Istrinya meninggal seminggu yang lalu, dan anaknya ditemukan meninggal juga 1 hari setelahnya.
Lala        : Kalau begitu, jangan jangan?
Alan       : Ibu ketan dan anaknya tadi arwah? Terus dukun yang sama kita tadi dukun yang nyantet anak itu? Begitu?
Semua terperangah mendengar ucapan spontan Alan. Kemudian, datanglah anaknya ibu penjual ketan. Namun, hanya Alan yang dapat melihat keberadaannya.
Alan       : Astaghfirullahaladzim, itu bukannya anak ibu ketan ya?
Lala        : Mana sih lan? Jangan buat takut dong
Alan       : Itu yang didepan loh
Ucok      : Alan, kuretakkanlah ginjalmu itu? Ga ada apa - apa disana
Anak      : (Berjalan mendekati alan secara perlahan) Kak, adek mau minta tolong (Langsung memegangi tangan Alan)
Alan tiba – tiba saja pingsan
 
Adegan 7 (Ingatan ibu penjual ketan)

Alan       : Aku dimana? (sambil ketakutan).
     Tiba - tiba datang suara entah darimana
Ibu ketan : Kamu harus menolong kami. Hanya kamu yang bisa Alan.
Alan       : Ibu siapa? Apa mau ibu?
Ibu ketan : Kamu sedang berada di kenangan masa laluku. Aku harap kamu bisa membantuku.
Kemudian berputarlah bagaimana dia dibunuh oleh suaminya dan juga anaknya yang mati disantet oleh dukun sewaan suaminya. Alan melihat semuanya dan merasa sangat ketakutan.
Ibu ketan : Aku hanya ingin membalaskan dendam kepada suamiku itu. Dialah yang membunuhku. Dia selama ini selingkuh, aku memergoki mereka. Lalu, aku beserta anakku dibunuh. Tolong kami alan, supaya kami bisa tenang di alam sana.

Adegan 8
 
Seketika alan membuka mata. Keringat telah membasahi baju pemuda itu.
Lala        : Alan! Akhirnya, kamu kenapa?
Preman                : Iya dek, kalau kau tadi mati, bisa – bisa aku yang dituduh bunuh kau.
Alan       : (dengan wajah ketakutan) Tadi itu aku ...
                Pak jul pun akhirnya kembali
Pak jul   : Wah, ada apa ini?
Alan       : Bapak? (dengan wajah terkejut)
Bang Mul : Kenapa dek?
Alan       : Bapak pembunuh Ibu penjual ketan kan?
Pak Jul  : Kamu bicara apa? Saya ini suaminya. Kamu jangan ngawur.
Alan       : Pak, saya sudah tau semuanya. Bapak kan yang membunuh istri bapak dan karena anak bapak melihat itu semua akhirnya bapak menyuruh dukun untuk nyantet anak bapak sendiri, karena dia lari ntah kemana.
Bang Mul : Ah, Alan, jangan ngawur hahaha. Emang jika benar demikian, apa alasan pak Jul melakukan itu semua?
Alan       : Pak Jul ini membunuh anak dan istrinya karena ketahuan selingkuh.
Pak Jul : Nggak, itu gak bener! Tahu apa kamu? Jangan sok tahu deh (dengan muka ketakutan, kemudian melihat hantu anaknya di belakang Alan)
Kemudian pak Jul langsung kabur. Namun ketika baru saja kabur. Muncul lah istrinya dihadapannya
Pak Jul  : Kamu ngapain disini? Kamu kan sudah mati. (dengan muka ketakutan)
Ibu ketan : Ingat mas. Karena ketamakanmu, aku dan anak kita meninggal. Kamu harus membayar semuanya, temani kami ke alam sana.
             Kemudian, tiba tiba saja pak Jul tercekik dan meninggal seketika. Arwah ibu ketan dan anaknya pun menghilang. Mereka semua kaget dan menatap tidak percaya, lalu berteriak dan berlari ke kampung untuk meminta pertolongan.
Sejak kejadian itu, sang dukun menghilang dengan misterius dan tak kunjung ditemukan, mayat pak Jul yang merupakan suami ibu ketan pun di amankan oleh pihak berwajib. Cerita petualangan mereka menjadi gosip dan terus menyebar keseluruh kampung. Setelah kejadian itu mereka semua kembali hidup seperti biasa. Sedangkan hutan tersebut ditutup oleh masyarakat sekitar karena takut akan ada kejadian yang sama. Seminggu kemudian, dilakukan pembersihan makhluk halus oleh alim ulama yang didatangkan dari seluruh tempat.                            

TAMAT

Latihan soal manajemen jarigan komputer

Latihan Soal Pilihan Ganda Bab Jaringan Komputer  1.     Perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan, kecua...